fbpx

Apa Itu Blog?

apa itu blog image

Apa itu Blog? Blog sebernarnya adalah kependekan dari “weblog”. Istilah blog sudah sangat familiar di kalangan pengguna internet terutama yang aktif berselancar mencari berbagai informasi di dunia maya. Meski demikian, tidak sedikit yang ternyata masih bingung ketika ditanya tentang apa itu blog? Agar tidak bingung lagi, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Blog?

Untuk pengertian blog, saya lebih senang merujuk pada pengertian yang disajikan oleh FirstSiteGuide, daripada wikipedia atau kamus Oxford sekalipun.

Menurut FirstSiteGuide, pengertian blog adalah sebagai berikut.

Blog adalah jurnal online atau situs web yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul terlebih dahulu. Ini adalah platform dimana penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Blog bisa dikatakan sebagai wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa postingan yang meliputi opini, analisis dan jenis data digital lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Kontennya sendiri tidak terbatas, bisa dalam bentuk teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun.

Dilihat dari skalanya, blog bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari website atau situs namun dengan wujud yang lebih kecil, lebih minimalis, murah bahkan gratis. Hal itu dipengaruhi oleh individu-individu yang menggunakannya, cakupan konten dan tujuan pembuatannya.

Di awal popularitasnya, blog memang lebih banyak digunakan oleh perorangan atau sekelompok kecil orang dengan minat yang sama. Itulah sebabnya, sebagian besar tulisan-tulisan yang dihasilkan mengulas topik tertentu yang menjadi minat penggunanya. Bahkan tak sedikit yang hanya mengulas relung-relung yang sangat sempit, misalnya blog tentang kegemaran fotografi, hiking, beladiri tertentu dan lain-lain.

Namun seiring berkembangnya teknologi internet, blog kini tidak hanya digunakan oleh orang perorangan. Banyak media-media berskala lebih besar mulai kepincut menjadikan blog sebagai media penyampaian informasi entah itu produk, jasa, profil atau promosi. Kondisi ini lambat laun menyamarkan perbedaan antara blog dan website.

Manfaat Blog

  • Sebagai media pribadi

Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat.

  • Sebagai media untuk berbisnis

Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

  • Sebagi media untuk berbagi informasi

Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog satu ini dibuat lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.

  • Sebagai media untuk promosi atau iklan

Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.

Jenis Blog

Blog memiliki 2 kategori utama yaitu Blog pribadi yang umumnya berisi curhatan, opini pribadi, dan cerita-cerita si pemilik blog. Umumnya dibuat karena memang suka nulis dan sharing. Lalu ada Blog niche yg dibuat dengan mengangkat tema-tema tertentu. Umumnya dibuat untuk monetizing atau untuk menghasilkan rupiah.

Pengertian Blogging

Blogging, sebuah istilah yang artinya adalah kegiatan atau aktivitas melakukan atau mengelola blog itu sendiri. Blogging awalnya hanya digunakan untuk memuat berita dan informasi layaknya sebuah koran atau majalah namun dalam bentuk digital. Namun, seiring berjalannya waktu secara singkat blogging menjadi aktivitas yang merupakan kebutuhan dalam mengumpulkan rupiah bagi sebagian orang.

Hingga saat ini blogging menjadi salah satu wadah untuk menuangkan ide baru seseorang sehingga bisa menghasilkan rupiah.

Penjelasan Blogger

Blogger sangat terkait erat dengan blog dimana blogger adalah sebuah istilah keren untuk menyatakan seseorang yang punya blog di internet, dan orang tersebut suka menulis di blog yang dimiliki. Atau sederhananya, blogger di sini orang yang suka blogging.

Jika sudah menjadi seorang blogger ada tiga aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan, pertama membuat sebuah blog, kedua mengisi blog yang sudah dibuat dengan konten-konten, dan yang ketiga membuat blog yang dibuat dan diisi dengan konten menarik tadi menjadi besar.

Blogger jika ditekuni dengan benar dan juga penuh ketelatenan, nantinya bisa menghasilkan uang yang cukup banyak meski mayoritas orang melakukan profesi ini sebagai profesi sampingan. Profesi sampingan ini sangat fleksibel dalam urusan waktu dan tempat. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asal terhubung dengan internet dengan lancar.

Awal Mula atau Sejarah Blog dan Blogging

Blog merupakan hasil evolusi dari diary online. Diary online umumnya berisi catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online dan masih sebatas menggunakan website.

Awalnya blog merupakan website yang berisi kumpulan link. Kumpulan link ini menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik.

Pada tahun 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, sampai-sampai saat itu menjelajahi semua weblog masih bisa untuk dilakukan. Masuk tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja.

Sejak itulah semuanya berubah. Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan apalagi ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Platform ini merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.

Pada saat itulah blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser. Jika pada awalnya blog ini merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog.

Apa Perbedaan Blog dengan Website?

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa blog dan website adalah satu hal yang sama. Namun jika diamati lebih teliti lagi blog dan website sebetulnya sangat berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok dari blog dan website adalah konten yang dimiliki. Jika pada website konten di dalamnya bersifat statis atau tidak wajib selalu diupdate, pada blog tidak demikian. Konten yang ada pada blog harus selalu update dan harus semenarik mungkin karena sangat dibutuhkan untuk menarik pengunjung lebih banyak. Jika pada website adanya perubahan tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu sering terjadi.

Untuk lebih detail perbedaan blog dan website terletak pada rincian konten. Dimana pada blog pengunjung bisa melihat kapan konten itu diposting, siapa authornya, serta ada juga tag di dalamnya. Pada website rincian seperti itu tidak ada sama sekali.

Apa Perbedaan Blog Post dengan Halaman Website?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada sebuah blog konten harus selalu diupdate untuk bisa menarik perhatian pengunjung bahkan jika perlu harus menggunakan desain yang unik dan menarik agar blog yang dibuat memiliki banyak pengunjung.

Tampilan blog sudah pasti diurutkan berdasar postingan terbaru sehingga postingan lama biasanya tertimbun karena biasanya yang ada pada halaman utama blog yang ditampilkan adalah konten terbaru yang diterbitkan. Dapat dikatakan bahwa halaman website memang jatuhnya lebih rapi jika dibandingkan dengan milik blog.

Sementara pada website tidak demikian. Halaman website bersifat statis dimana tidak ada perubahan isi halaman terlalu sering bahkan jika ada perubahan pengunjung tidak akan menyadarinya karena tidak ada rincian seperti tanggal sebuah konten diterbitkan.

Halaman website pun jadi pilihan bagi yang ingin memiliki toko online karena memang tampilannya lebih rapi dan bisa memuat semua informasi penting dan relevan, serta di saat bersamaan menawarkan opsi untuk mencari item yang diinginkan satu per satu.

Jika pada blog tentu hal tersebut tidak bisa karena konten lama akan tertindih dengan konten baru sehingga akan sulit untuk mencari opsi item satu per satu.

 Apa Fungsi Website?

  1. Menyebarkan Informasi

Salah satu fungsi website yang diterapkan oleh semua pemilik website adalah sebagai sarana untuk menyebarkan informasi kepada publik. Website digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Misalnya saja berita, tips dan trik, informasi pendukung, tutorial, pengumuman dan sebagainya.

  1. Hiburan

Website juga dipakai untuk menyampaikan konten hiburan kepada audiens. Seperti majalah online, berita online, kabar mengenai selebriti, musik, film, seni, humor dan masih banyak lagi.

Website seperti ini didesain agar mudah untuk dinavigasi dan selalu terupdate dengan tujuan agar audiens terus kembali untuk mendapatkan informasi terbaru. Website dengan fungsi ini dirancang untuk menarik perhatian dengan menambahkan konten dinamis lainnya seperti video, podcast, slideshow dan sebagainya.

  1. E-Commerce (Toko Online)

Website ini digunakan untuk menjual produk atau jasa terhadap pengunjung dan target pelanggan.

Website yang sukses mendapatkan penjualan tinggi umumnya telah dioptimasi dan didukung oleh fitur tertentu seperti payment gateway. Selain itu, teknik penjualan serta pemasaran online yang efektif juga diperlukan untuk menarik minat audiens agar melakukan transaksi.

Untuk menghasilkan website e-commerce yang efektif ada hal penting yang harus diperhatikan. Buatlah website dengan proses transaksi yang mudah, tampilan website yang atraktif, produk yang bermanfaat, penawaran terbaik untuk pelanggan, pilihan pembayaran yang bervariasi, website yang mobile friendly dan masih banyak lagi.

Alasan Orang Membuat Blog

Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang membuat blog. Sebagian dari beberapa orang memang ada yang ingin membuat blog tapi belum bisa terwujud. Hal ini terutama karena belum menemukan alasan yang kuat. Mengapa dan apa tujuan orang tersebut membuat blog ternyata dapat memberikan semacam motivasi yang kuat untuk segera membuat blog.

Pada dasarnya blog ada untuk dijadikan sebagai tempat cerita atau menuangkan ide dan opini secara pribadi. Namun sekarang ini karena teknologi terus berkembang fungsi blog pun juga ikut berkembang dimana sekarang tidak sedikit perusahaan yang juga bergantung pada kehadiran blog sebagai salah satu bentuk digital marketing perusahaan.

Apalagi sekarang ini hanya dengan bermain blog sudah bisa menghasilkan rupiah yang lumayan. Cara paling sering digunakan untuk bisa mendapatkan uang dari blog adalah memanfaatkan layanan iklan dari pihak ketiga.

Bisakah Blog Menghasilkan Uang?

Jika ada yang bertanya bisakah blog menghasilkan uang tentu jawabannya bisa. Kunci utama agar blog yang dibuat menghasilkan uang adalah selalu memiliki konten yang update, menarik, bermanfaat, serta dikembangkan sedemikian rupa sehingga memiliki pengunjung yang banyak.

Dari Mana Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Pasti Anda bingung, lalu darimana uang ini dihasilkan jika hanya mengisi konten dan mengembangkan blog agar menarik pengunjung. Berikut ini adalah bagian blog yang nantinya akan memberikan Anda uang jika blog Anda sudah besar.

  1. Layanan Iklan

Umumnya penghasilan blog berasal dari iklan yang Anda pasang. Prinsipnya sama seperti koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan.

Saat traffic blog yang Anda miliki semakin tinggi, maka semakin mahal pula bayaran ruang iklan di blog tersebut. Salah satu tips yang perlu Anda jalankan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog Anda.

  1. Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah menjadikan konten yang Anda tulis untuk mengarahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika Anda beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang Anda tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan Anda.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Dengan adanya pembaca setia, kemungkinan pembaca blog Anda akan mengikuti rekomendasi yang telah Anda buat sangat besar.

  1. Mengadakan event

Coba buat sebuah acara atau event untuk blogger meski tidak dalam skala besar. Misalnya saja mengundang para pembaca setia blog Anda ke dalam sebuah event dan menerapkan tarif.

Dari sinilah Anda bisa mendapatkan pemasukan. Bagi Anda yang belum pernah membuat event sendiri, Anda bisa memulainya dengan event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Dari tarif tiket Anda bisa mendapat penghasilan, selain itu Anda pun bisa mencari sponsor event yang Anda buat tersebut.

  1. Jasa atau layanan

Selain memasang iklan, blog yang Anda miliki pun bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya Anda tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungi Anda. Berbeda halnya jika Anda menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.

Well, bagaimana? Tertarik untuk menjadi seorang blogger? Coba yuk jadi blogger yang aktif dan rasakan sendiri hasilnya nanti.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.