Apa Itu Backlink? Pengertian dan Manfaat Backlink

Tahukah anda apa itu backlink? Tahukah anda backlink itu menjadi faktor penting untuk meningkatkan rangking website anda di halaman hasil pencarian Google? Yuk mari kita bahas semuanya pada artikel kali ini.

Bagi orang yang tidak berkecimpung di dunia blogging ini tentu istilah ini masih sangat asing dan tidak ada bayangan sama sekali. Agar Anda tahu mari kita ulas sedikit tentang pengertian dari istilah backlink agar bisa menambah wawasan terutama bagi Anda pemula blogger.

Namun untuk memahami backlink, anda terlebih dahulu harus memahami apa itu link.

Apa Itu Link?

Link dalam bahasa indonasia disebut juga tautan. Link adalah kependekan dari hyperlink. Lalu apa pengertian link? Mari kita simak pengertian dari TechTerm berikut ini :

Link adalah objek HTML yang memungkinkan Anda untuk melompat ke lokasi baru ketika Anda mengklik atau mengetuknya. Berikut ini adalah contoh penulisan kodenya :

apa itu backlink : contoh kode html untuk link
contoh kode html untuk link

Perhatikan kode yang diberi kotak merah, kode tersebut akan menghasilkan link seperti pada contoh berikut ini : Apa Itu Backlink

Link akan anda temukan pada setiap website yang anda kunjungi. Baik pada menu maupun pada konten.

Nah setelah memahami apa itu link. Maka Saatnya kita masuk ke pengertian backlink.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari satu website ke website yang lain. Click To Tweet

Pengertian backlink di atas dapat kita temukan pada salah satu artikel WPBeginner.

Backlink sendiri memiliki nama lain seperti inbound links dan incoming links. Semuanya memiliki makna yang sama.

Istilah backlink berasal dari dua kata yakni back dan link , back artinya kembali atau tautan balik dan link berarti alamat sebuah situs.

Jadi backlink dapat diartikan sebagai sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik.

Contoh Backlink

Jika ada sebuah website mencantumkan link menuju website anda pada halaman web mereka. Maka, itu berarti anda mendapatkan sebuah backlink.

Berikut ini contoh visualnya :

contoh backlink
sumber : https://moz.com/learn/seo/backlinks

Dari gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa website A adalah pemberi backlink sedang website B adalah yang menerima backlink.

Apa Manfaat Backlink?

Ada banyak manfaat backlink pagi website anda. Berikut ini diantaranya :

Berpeluang Meningkatkan Rangking

Dari hasil riset yang dilakukan Backlinko dengan menggunakan data API Ahref, menunjukkan bahwa jumlah total backlink sangat menentukan posisi pada mensin pencari. berikut ini tabelnya.

apa itu backlink meningkatkan rangking google
Meningkatkan rangking google (sumber : https://backlinko.com/search-engine-ranking)

Meningkatkan Reputasi

Semakin banyak backlink yang relevan, maka website akan semakin tinggi reputasinya dimata mesin pencari seperti Google. Banyaknya backlink menandakan banyak pula yang menganggap website anda sebagai website yang pantas dijadikan referensi.

Yang perlu diingat adalah relevansinya. Jika website anda banyak mendapat link yang TIDAK relevan, maka justru dapat berdampak buruk. Bahkan dapat menyebabkan website anda tidak tampil sama sekali pada mesin pencari karena dianggap melakukan spam backlink.

Mempercepat Index

Salah satu cara Google menemukan halamn website anda adalah dengan mengikuti link. Jika anda memiliki banyak backlink, maka semakin banyak pula jalan Google untuk menemukan halaman website anda. Dan itu berarti proses index yang cepat.

Sumber Traffic

Tentu saja dengan banyaknya backlink, berarti website anda juga banyak direferensikan oleh wabsite lain. Nah, dengan begitu akan mengundang pengunjung yang membutuhkan referensi untuk menuju website anda.

Atribut Backlink

Lebih dari 14 tahun yang lalu  tepatnya pada 18 Januari 2005, Google pertama kali memperkenalkan atribut “nofollow” pada hyperlink.

Bagi anda yang belum tau apa itu atribut, maksud dari atribut adalah tambahan kode pada tag HTML. Mari kita kembali pada contoh sebelumnya.

apa itu backlink : contoh kode html untuk link
contoh kode html untuk link

Contoh di atas adalah kode HTML untuk link tanpa atribut. Kemudian coba lihat contoh berikut :

apa itu backlink : atribut nofollow
atribut nofollow

Perhatikan anak panahnya, kode rel=”nofollow” itu merupakan atribut.

Atribut nofollow diperkenalkan sebagai alat untuk membantu melawan aktifitas spam yang dilakukan untuk mendapatkan backlink. Metode ini juga direkomendasikan Google untuk menandai tautan yang tergolong iklan.

Selanjutnya pada 10 September 2019, Google memperkenalkan dua atribut baru pada link (hyperlink). Berikut ini daftar lengkapnya termasuk nofollow.

Atribut ini dapat ditulis seperti berikut rel=”sponsored”. Atribut ini digunakan untuk menandai link yang merupakan iklan atau link berbayar.

Seperti yang telah disampaikan di atas, dulu atribut nofollow direkomendasikan untuk jenis link seperti ini dan MASIH merupakan cara yang dapat diterima untuk menandai link berbayar.

Walaupun begitu, anda lebih baik penggunakan atribut sponsored daripada nofollow.

ugc

Atribut ini dapat ditulis seperti berikut rel=”ugc”. UGC adalah singkatan dari user generated content.

Atribut ini digunakan untuk menandai link untuk konten yang dibuat pengguna, seperti komentar dan posting pada forum.

Jika Anda memiliki kontributor yang ikut menulis pada website anda, maka untuk menghargai mereka anda sebaiknya tidak menggunakan atribut ini pada link yang mengarah pada mereka.

nofollow

Gunakan atribut nofollow JIKA link tersebut tidak sesuai dengan atribut lain, DAN anda tidak ingin Google mengaitkan website anda dengan website yang anda beri backlink, ATAU anda tidak ingin Google merayapi link tersebut.

Sebagai tambahan, ada istilah yang biasa akan anda temui, yaitu backlink dofollow. Maksud dari dofollow ada backlink tanpa atribut sama sekali. Seperti contoh kita yang pertama :

apa itu backlink : contoh kode html untuk link
contoh kode html untuk link

Jenis Backlink

Backlink masih dibagi menjadi dua jenis yaitu one way backlink dan reciprocal backlink. Kedua jenis backlink ini sama-sama penting dan tentunya memiliki manfaat atau kegunaannya masing-masing.

One way backlink masih dibagi lagi menjadi tiga teknik yaitu blog comment, signature forum, dan social bookmark. Sedangkan reciprocal backlink dibagi menjadi direktori submit dan tukar link. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing teknik.

Blog Comment

Teknik atau cara pertama ini dilakukan dengan memberikan komentar pada blog orang lain. Nah, caranya jangan lupa untuk menyertakan url website Anda pada setiap komentar yang Anda tulis di blog lain.

Usahakan agar tidak terbaca seperti basa-basi belaka agar tidak dihapus oleh pemilik blog, berikan komentar yang bermanfaat pada blog orang lain tersebut lalu sematkan url website Anda setelahnya.

Signature Forum

Ini masih merupakan one way backlink yang caranya adalah dengan mendaftarkan diri Anda ke forum diskusi online mana saja. Setelah itu jawablah setiap pertanyaan sambil meninggalkan link ke blog Anda.

Ada juga sebuah forum yang mempunyai signature setiap anggotanya melakukan post, nah dari sinilah Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk mendapat backlink satu arah ini.

Social Bookmark

Cara ini dilakukan dengan melakukan Submit pada website Anda lalu menjadikan website Anda sebagai Bookmark.

Direktori Submit

Ini merupakan salah satu website yang berisikan beragam website yang disusun berdasarkan sebuah kategori. Dalam mengkatogerikan situs tersebut biasanya berdasar pada seluruh situs web lebih dari satu halaman atau satu set kata kunci.

Hanya saja membutuhkan reciprocal link yang mengharuskan Anda untuk membuat banner link pada website Anda.

Tukar Link

Untuk bisa melakukan tukar link ini pertama-tama Anda sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas blogger.

Umumnya pada komunitas tersebut akan ada tawaran tukar link yang bertujuan mendapat backlink.

Dalam SEO backlink memang sangat dibutuhkan terutama dalam meningkatkan popularitas pada search engine.

Namun belum tentu juga semakin banyak backlink yang dimiliki akan semakin tinggi tingkat popularitas website Anda di search engine.

Hal ini karena bukan hanya dilihat dari popularitas saja namun website tersebut akan berada pada urutan atas search engine apabila merupakan website yang baik.

Jadi untuk bisa memiliki website yang berada diurutan atas pada search engine harus memenuhi kriteria ‘baik’ tersebut.

Ada baiknya untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai apa itu backlink? Tidak lupa juga mempelajari bagaimana cara membuat website yang baik. Nah, semoga membantu ya!

3 thoughts on “Apa Itu Backlink? Pengertian dan Manfaat Backlink”

Leave a Comment

Share via