Analisis SWOT : Pengertian, Manfaat dan Contoh Analisis SWOT

analisis swot

Apakah Anda pernah mendengar istilah tentang Analisis SWOT? Mungkin sebagian Anda yang belum tahu tentang dunia bisnis akan merasa bingung. Analisis SWOT merupakan sebuah metode perencanaan strategi yang bertujuan untuk melakukan evaluasi faktor-faktor yang mana berpengaruh dalam usaha untuk mencapai tujuan.

Apa saja tujuannya, yakni kekuatan (Strenght), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan juga ancaman (Threats). Kita mengetahui istilah SWOT dari dunia ekonomi dan juga perbisnisan. Tujuan dari metode analisis tersebut untuk mendeskripsikan situasi serta kondisi yang pada saat itu dihadapi dan bukan sebuah alat analisis untuk memberi solusi atas masalah.

Analisis SWOT sangat berpengaruh terhadap bisnis di suatu perusahaan karena tujuannya untuk membuat suatu kerangka situasi serta kondisi di perusahaan dari berbagai sudut pandang SWOT. Di artikel berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, unsur dan manfaat Analisis SWOT dalam bisnis.

Apa Analisis SWOT itu memiliki peran penting dalam bisnis Anda? Ya, hal ini dikarenakan tujuan dari pembuatan kerangka situasi dan juga kondisi di suatu perusahaan dalam sisi SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats). Artikel ini nantinya akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengertian analisis SWOT dan juga manfaatnya untuk bisnis Anda.

Pengertian Analisis SWOT Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Ketika mendengar istilah Analisis SWOT, tentu tidak lengkap jika Anda tidak memahami dulu tentang istilah ini melalui pengertian yang diutarakan oleh para ahli. Berikut adalah keterangannya.

  1. Philip Kotler

Philip Kotler berpendapat bahwa analisis SWOT merupakan suatu evaluasi mengenai tujuan dari itu sendiri, yaitu semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman, yang dialami oleh individu ataupun organisasi.

  1. Pearce dan Robinson

Pearce dan Robinson mengatakan bahwa analisis SWOT merupakan suatu bagian dari proses manajemen strategis perusahaan dengan tujuan untuk  melakukan identifikasi kekuatan dan juga kelemahan pokok dari perusahaan. Landasan untuk mewujudkan banyak strategi dapat dilakukan dengan mengetahui kelemahan dan juga kekuatan utama.

  1. Yusanto dan Wijdajakusuma

Berdasarkan Yusanto dan Wijdajakusuma, analisis SWOT merupakan instrumen internal maupun eksternal dari perusahaan yang tumpuannya pada basis data tahunan dengan menggunakan pola 3-1-5.

Maksud dari pola ini yaitu data yang berisi tentang data perkembangan perusahaan di tiga tahun sebelum analisis dilakukan, apa harapan pada tahun dilakukannya analisis, serta bagaimana kecenderungan perusahaan di lima tahun setelah analisis.

  1. Freddy Rangkuti

Freddy Rangkuti menjelaskan bahwa analisis SWOT merupakan suatu usaha yang dilakukan menurut logika yang bisa memaksimalkan kekuatan atau peluang, dan pada waktu yang sama juga bisa meminimalisir kelemahan dan ancaman yang akan terjadi. Tujuannya adalah untuk melakukan identifikasi faktor untuk membuat strategi.

  1. Rais

Rais mengatakan bahwa pengertian analisis SWOT yaitu suatu metode analisis yang sangat dasar dan memiliki kegunaan untuk mengetahui topik serta permasalahan dari empat sudut yang memiliki perbedaan.

Analisis ini akan menghasilkan arahan atau rekomendasi tentang cara meningkatkan kekuatan dan peluang, serta mengurangi kelemahan dibarengi dengan menghindari  terjadinya ancaman.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

SWOT adalah metode khusus untuk membuat evaluasi dari kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang ada pada bisnis. Secara umum, SWOT di deskripsikan dengan tabel pada kertas yang besar untuk mempermudah analisis hubungan antar aspek yang ada di dalamnya.

Pembuatan analisis SWOT memiliki tujuan khusus dan juga identifikasi faktor internal-eksternal untuk mewujudkan tujuan yang dimaksud. Unsur yang dilibatkan antara lain Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan juga Threats (ancaman). Di bawah ini akan dijelaskan mengenai masing-masing unsur tersebut.

Strength (kekuatan)

Contoh dari analisis mengenai unsur kekuatan dari perusahaan dapat dilakukan dengan analisis kelebihan yang dimiliki perusahaan. Kekuatan tersebut dapat dilihat dari beberapa segi, yakni teknologi, kualitas hasil produk, lokasi strategi, dan kekuatan lainnya yang menunjukkan keunggulan atau kelebihan dari perusahaan.

Weakness (kelemahan)

Di samping mengetahui kekuatan, perusahaan juga harus tahu kelemahannya. Mengetahui kelemahan bisa dilakukan dengan melakukan testimoni konsumen yang lebih mengetahui kekurangan dari perusahaan.

Opportunity (peluang)

Umumnya, peluang dibentuk pada permulaan bisnis. Mengapa? Hal ini karena tidak akan ada bisnis jika tidak ada peluang atau kesempatan untuk memperoleh keuntungan. Peluang menjadi pacuan dari bertahan atau tidaknya suatu perusahaan nantinya serta bagaimana respons dari masyarakat mengenai bisnis tersebut.

Threats (ancaman)

Terakhir adalah memperhatikan unsur ancaman. Inilah yang juga akan menjadi penentu apakah sebuah bisnis akan bertahan lama atau tidak di masa yang akan datang.

Hal-hal yang masuk dalam kategori ancaman seperti memiliki banyak pesaing, jangka waktu minat konsumen, sumber daya yang tersedia, dan lainnya. Untuk itu, perusahaan disarankan untuk membuat daftar ancaman, baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Manfaat Analisis SWOT

Apa sih manfaat dari analisis SWOT itu? Seperti yang diketahui, istilah ini merupakan sebutan dari metode analisis terdasar, yang tentu memiliki manfaat khusus. Manfaat analisis ini yaitu mengetahui permasalahan dari 4 sisi yang tidak sama, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dialami perusahaan.

Nantinya, analisis tersebut akan menghasilkan informasi tentang cara apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan juga mempertahankan peluang, serta mengurangi kelemahan dan menghindarkan perusahaan dari ancaman.

Analisis SWOT ternyata juga dijadikan sebagai alat yang bermanfaat untuk kegiatan analisis strategis. Dengan begitu, kelemahan pun dapat dikurangi serta peluang dapat ditekankan. Lalu apa sih gambaran umum dari manfaat analisis ini sendiri, berikut keterangannya:

  • Perusahaan menjadi lebih paham mengenai kekuatannya dan tentu memperoleh rekomendasi untuk mempertahankan dan meningkatkannya.
  • Perusahaan bisa mengetahui peluang bisnisnya serta bisa mempertahankannya.
  • Perusahaan paham akan kelemahan, dapat mengetahui solusi untuk mengatasi kelemahan itu.
  • Perusahaan tahu betul akan potensi ancaman yang akan terjadi, lalu dapat memutuskan solusi yang tepat untuk menghindarinya.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Setiap hal pasti memiliki faktor tertentu yang nantinya akan mempengaruhinya. Sama halnya dengan analisis SWOT. Ada dua faktor khusus yaitu internal dan eksternal. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Faktor Internal

Apa sih faktor internal yang mempengaruhi analisis SWOT itu? Faktor internal sendiri merupakan faktor yang asalnya dari dalam perusahaan itu sendiri, yakni kekuatan dan juga kelemahan dari perusahaan. Berikut adalah faktor-faktornya:

  • Ketersediaan Sumber daya keuangan
  • Kompetensi Sumber daya manusia
  • Properti teknologi yang tersedia
  • Kepercayaan (belief) masyarakat kepada perusahaan
  • Kemampuan marketing yang baik
  • Skill distribusi yang baik, dll
  1. Faktor Eksternal

Jika faktor internal tadi berasal dari dalam perusahaan, maka faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan, yang bisa berupa ancaman dan peluang, yang nantinya akan mempengaruhi performa perusahaan.

  • Bisnis yang sedang trending
  • Budaya masyarakat saat ini
  • Kedaan Sosial politik dan juga ideologi
  • Kondisi dari perekonomian sebuah negara
  • Peraturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah
  • Perkembangan teknologi yang terjadi, dll

Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT brand Starbuks dapat dikatakan sebagai referensi untuk membuat suatu analisis SWOT. Perhatikan gambar di bawah ini:

Dari gambar yang tertera di atas, kita bisa mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman bagi bisnis Starbucks. Simak penjelasan singkatnya:

  1. Kekuatan Starbucks
  • Mempunyai produk dan juga layanan yang memiliki kualitas tinggi
  • Merupakan brand terkenal hingga mancanegara dan branding nya kuat.
  • Store terletak di lokasi yang strategis.
  • Perusahaan ini mempunyai koneksi yang baik dengan supplier.
  • Rantai pasok perusahaan berjalan efektif dan juga efisien.
  1. Kelemahan Starbucks
  • Dampak konsumsi Starbucks untuk kesehatan.
  • Segmen internasional merupakan pacuan pertumbuhan perusahaan masa depan.
  • Perusahaan memiliki ketergantungan pada segmen operasi di Amerika.
  • Pasokan dapat dipengaruhi oleh bencana alam.
  • Perusahaan memiliki ketergantungan pada pemasok.
  1. Peluang Starbucks
  • Membuat gerai yang banyak untuk memanfaatkan merek Starbucks.
  • Memiliki kelompok produk konsumen secara global
  • Inovasi produk dan juga platform pertumbuhan yang baru
  • Dapat memperluas segmen operasi secara internasional
  • Segmen internasional akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan masa depan
  1. Ancaman Bagi Starbucks
  • Adanya penelitian terbaru mengenai dampak gula untuk kesehatan
  • Adanya sejumlah pesaing dengan kapasitas besar dalam bisnis kopi
  • Kopi memiliki harga yang suplai yang selalu ditentukan
  • Keadaan ekonomi di Amerika dapat menurunkan jumlah belanja konsumen
  • Profitabilitas dan pasokan dapat menurun seiring lonjakan upah

Pentingnya Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis

Apa sih pentingnya analisis SWOT itu? Analisis ini dapat dijadikan kerangka dalam analisis apa saja yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh perusahaan. Ini juga akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis.

Analisis SWOT merupakan metode analisis untuk menggambarkan bagaimana perusahaan terdasar. Perusahaan dapat merencanakan strategi untuk mencapai tujuan. Jika perusahaan melakukan analisis yang baik dan benar, maka perusahaan akan mengetahui berbagai hal mengenai perusahaan untuk perbaikan ke depannya.

Jika perusahaan tidak melakukan analisis SWOT, maka yang terjadi perusahaan tidak akan bisa membangun bisnis yang efektif dan efisien. Nah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai pengertian, unsur-unsur, manfaat, dan contohnya. Semoga bermanfaat!

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.