Akibat Tidak Menggunakan SEO

Pemasaran melalui internet (internet marketing) saat ini menjadi cara yang paling sering dilakukan oleh para pemilik perusahaan untuk memperkenalkan bisnis dan produknya. Salah satu cara yang terbukti memiliki banyak kelebihan dalam meningkatkan pemasaran adalah dengan menggunakan teknik SEO untuk website perusahaan.

Bagaimana teknik SEO dapat meningkatkan pemasaran sebuah usaha atau bisnis? Apa kerugiannya jika tidak mengaplikasikan teknik SEO pada website bisnis yang Anda miliki? Simak penjelasannya berikut ini.

Kerugian Website Tanpa SEO

Teknik SEO (search engine optimization) merupakan sebuah proses untuk memengaruhi tingkat viabilitas (keterlihatan) website atau halaman website pada hasil pencarian alami dari sebuah mesin pencari di internet.

Melalui teknik SEO, Anda dapat mengoptimasi website berdasarkan kata kunci yang diinginkan sebanyak mungkin agar kata kunci yang dicari orang bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Sayangnya, masih ada pemilik bisnis yang meragukan cara ini untuk kemajuan usahanya. Padahal, memiliki website tanpa SEO, banyak kerugian yang akan dialami sebagaimana diuraikan di bawah ini.

  1. Website Sepi Pengunjung

Saat membuat website untuk perusahaan atau bisnis, Anda pasti ingin agar website tersebut mendapatkan banyak pengunjung. Salah satu cara yang paling dikenal untuk meningkatkan traffic kunjungan ke website adalah dengan menggunakan teknik SEO.

Website bisnis Anda adalah ibarat etalase pada toko offline. Di sanalah tempat untuk menampilkan hal-hal menarik tentang bisnis Anda dengan harapan akan memikat para pengunjung website. Namun, bagaimana para calon konsumen akan bisa menemukan website Anda jika tidak menerapkan SEO?

Menurut penelitian, sekitar 71,33% pencarian menghasilkan klik pada artikel yang keluar di halaman pertama hasil pencarian. Tanpa melakukan optimasi dengan teknik SEO, sulit bagi website bisnis Anda untuk bisa muncul di halaman pertama. Efeknya adalah website Anda menjadi tidak dikenal dan pengunjung yang datang pun sangat sedikit. Anda pun sulit mengharapkan terjadinya closing atau transaksi.

  • Bisnis Kurang Dikenal

Pada dasarnya, teknik SEO adalah melakukan proses berupa aktivitas tertentu terhadap website perusahaan atau bisnis sehingga ketika para pengguna internet mencari informasi yang relevan dengan isi website maka website atau halaman web Anda akan ditampilkan di halaman pertama daftar hasil pencarian. Dengan kata lain, teknik SEO akan membuat situs Anda mudah ditemukan oleh para calon konsumen.

Sebaliknya, tanpa melakukan SEO, akan sangat sulit bagi website bisnis Anda untuk dikunjungi para pencari informasi di internet. Dampaknya, bisnis Anda tidak dikenal dan produk, jasa, atau apa pun yang ditawarkan tidak atau sangat sedikit diketahui oleh para calon konsumen. Bisnis yang kurang dikenal tentunya berisiko rendahnya tingkat transaksi dan akibat selanjutnya bisa diduga, yaitu bisnis bisa mengalami kemunduran.

  • Anggaran Iklan Membengkak

Dengan teknik SEO, Anda bisa memperkenalkan perusahaan tanpa biaya alias gratis. Itulah sebabnya, teknik ini sering disebut juga sebagai pencarian tak berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik.

Anda memang memiliki alternatif lain untuk memperkenalkan dan mempromosikan perusahaan atau produk yang ditawarkan melalui internet, yaitu dengan cara memasang iklan yang tidak gratis. Namun, Anda harus menyiapkan anggaran khusus yang tidak kecil untuk memasang iklan yang efektivitasnya belum tentu memadai.

  • Daya Saing Lemah

Di era digital saat ini, sekitar 61% perusahaan atau pelaku bisnis memprioritaskan SEO dan keberadaan situs online sebagai strategi untuk memenangkan persaingan yang makin ketat.

Jika tidak melakukan hal yang sama, besar kemungkinan daya saing bisnis Anda menjadi lemah dan bisnis Anda akan tertinggal dari para kompetitor. Sementara bisnis para pesaing makin dikenal luas karena muncul di halaman pertama hasil pencarian para calon konsumen, usaha Anda justru sebaliknya, mengalami kemunduran.

Leave a Comment

Share via