4 Tugas Digital Marketing yang Utama dan Skillnya

Profesi di dunia digital marketing kini semakin diminati, apalagi oleh anak muda. Menjadi bagian dari tim ini tampak mengesankan karena dekat dengan dunia teknologi dan kekinian. Namun sebenarnya apakah tugas digital marketing? Mereka tak hanya dituntut untuk update tren yang berkembang di masyarakat. Lebih dari itu, inilah tugas-tugas yang dilakukannya:

1. Merencanakan Promosi Lewat Media Sosial

Seseorang yang bekerja di digital marketing harus familiar dengan media sosial, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya. Penting bagi mereka untuk mengetahui caranya memaksimalkan sosial media untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, salah satu tugasnya adalah merancang sebuah kegiatan promosi di media sosial.

Channel ini dianggap penting dalam dunia digital marketing karena dapat menjangkau pasar sangat luas secara online, baik lokal maupun internasional. Selain itu, kegiatan marketing pun bisa lebih efektif karena promosi disebarkan tanpa menggunakan budget yang besar, terlebih ketika menjadi viral.

2. Merancang Konten Untuk Platform Digital

Tugas digital marketing juga berhubungan dengan konten atau pesan yang akan dikomunikasikan lewat media digital. Jadi setelah seorang digital marketing menentukan strategi media online-nya, ia harus memikirkan bagaimana konten yang menarik. Konten ini ada banyak jenisnya, yaitu berupa kata-kata, gambar, video, dan audio.

Seorang digital marketing berbeda dengan designer. Mereka tidak mendesain tampilan pesan secara teknis. Namun seorang digital marketing harus paham target konsumennya, bagaimana kata-kata yang pas, gambar yang menarik, hingga keseluruhan tampilan pesan yang sesuai dengan brand-nya.

3. Optimasi Website Melalui SEO

Peran website tak kalah pentingnya seperti media sosial. Ini termasuk digital channel yang menjadi tanggung jawab seorang digital marketing. Tugas mereka adalah bagaimana caranya mengoptimalkan website agar menarik banyak pengunjung hingga melakukan konversi, seperti pembelian, pendaftaran, mengisi form, dan sebagainya. Salah satu strategi yang ditempuh adalah melalui SEO.

Seseorang yang bekerja di bagian digital marketing harus memiliki keahlian di bidang SEO, diantaranya adalah tahu cara kerja mesin pencarian sehingga bisa menaikan ranking website, memahami konsep on-page dan off-page, update seputar algoritma Google, tahu SEO tools yang tepat, memahami bentuk artikel yang baik, dan masih banyak lagi.

4. Menjalankan Strategi SEM dan Iklan Online

Selain memaksimalkan media sosial dan website, tugas digital marketing juga berhubungan dengan penayangan iklan secara online, yaitu melalui SEM (Search Engine Marketing), Facebook Ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Dengan kemampuan beriklan secara online yang baik, seorang digital marketing dapat menghasilkan penjualan yang lebih banyak serta menyasar target lebih tepat.

Keahlian di bidang ini meliputi kemampuan mengidentifikasi target market, analisis penggunaan budget yang tepat, pengetahuan di bidang online ads, dan beberapa hal teknis lainnya. Itu semua bisa dipelajari dengan mudah karena saat ini sudah banyak online course dan coaching yang diselenggarakan lembaga pendidikan swasta.

Tugas digital marketing sangat menarik untuk dijalakan oleh orang-orang yang senang dengan hal-hal baru, open minded, up to date, dan mau belajar. Banyak yang memprediksi profesi ini menjadi lowongan yang paling dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan. Dengan mengetahui tugas-tugasnya di atas, jadi tahu apa saja yang harus dipersiapkan dari sekarang sebelum terjun ke dunia digital marketing.