Just another LandingpageID site

Fokus, Fondasi Utama Membangun Bisnis Online

Mindset Bisnis Online ke-1

Fokus, fondasi utama membangun bisnis online. Seseorang yang telah memutuskan untuk berbisnis online, maka ia harus memutuskan pula dalam bidang apa yang menjadi fokus bisnisnya. Bisnis online memang banyak menyajikan berbagai peluang kesuksesan, namun tentu tidak bisa ambil semua atau sebagiannya. Pilihlah satu yang menjadi fokus untuk ditekuni.

Fokus, Pondasi Utama dalam Membangun Bisnis Online
Fokus, Pondasi Utama dalam Membangun Bisnis Online

Beberapa hal mengapa kita mesti fokus pada satu bisnis online adalah sebagai berikut :

  • Waktu terbatas. Kalau terjun di banyak bisnsi online, waktu yang terserap akan banyak, padahal waktu yang diberikan kepada kita terbatas. Meski memutuskan untuk lembur, namun itu akan mengacaukan anda untuk maju. Lebih baik mempelajari satu persatu, dari pada mempelajari banyak hal dalam satu waktu. Waktu anda akan terbuang habis, padahal waktu berjalan begitu singkat.
  • Biaya terbatas. Jika anda tidk fokus dan mencoba banyak jenis bisnis online, maka anda akan mengeluarkan banyak modal. Meskipun sudah menabung atau menyiapkan dana yang besar, namun tentu ada batasnya. Biaya yang seharusnya bisa kita hemat, akan terkuras untuk ha-hal lain. Terkadang orang yang baru terjun ke dunia bisnis online, mudah tergoda dengan ajakan mencoba berbagai jenis bisnis online. Beberapa bisnis online, memang terlihat mudah, tapi sebenarnya untuk mempelajarinya anda butuh biaya. Banyak yang dipelajari banyak modal yang harus dikeluarkan.
  • Energi terbatas. Karena energi terbatas, maka kita dituntut untuk memanfaatkannya dengan cara lebih fokus pada satu bisnis online. Menurut penelitian, untuk bisa melakukan satu jenis atau keahlian, anda membutuhkan waktu 20 jam konsentrasi belajar agar anda bisa. Sementara untuk menjadi ahli, anda membutuhkan waktu hingga ribuan jam. Misalnya bisnis dropship. Sekedar bisa saja, hanya perlu beberapa hari atau pekan agar bisa menghasilkan. Namun jika anda ingin penghasilan lebih dan berlimpah, anda perlu banyak menguras energi agar bisa fokus menekuni hal ini.

Dengan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya anda akan lebih fokus dengan bisnis anda. Fokus dapat mempersingkat waktu, tidak perlu belok-belok mengerjakan hal lain. Fokus adalah ketika anda tetap pada satu tujuan. Jangan sampai berkeinginan sukses disemua bisnis, karena banyak yang ditekuni, sehingga tidak ada sukses sama sekali. Anda bisa tulis,lakukanhala tersebut berulang-ulang. Fokus satu tujuan, curahkan kemampuan yang anda miliki. Semua anda berikan adalah sebagai upaya untuk fokus mempengaruhi keberhasilan dalam bisnis online. Berikut penulis berikan sejumlah tips agar anda bisa fokus dalam berbisnis online :

  • Tentukan satu pilihan berbisnis online. Tidak perlu mencari bisnis online yang terbaik, yang bisa dilaksanakan saja. Cari info mengenai bisnis online yang kira-kira mampu untuk dijalankan.
  • Tetapkan waktu anda meraih kesuksesan dalam berbisnis online. Sampai tahun dan bulan berapa anda sukses di bisnis tersebut. Terus lakukan evaluasi, karena hal ini sangat penting. Tentu anda tidak bisa mengevaluasi bisnis anda jika tidak ditulis. Maka tulislah di buku catatan. Catat Apa saja yang sudah dilakukan untuk meningkatkan bisnis online. Catat dan evaluasi apa yang perlu dipelajari lagi dalam rangka menginkatkan dan mengembangkan kemampuan berbisnis online. Evaluasi ini adalah upaya untuk melangkah menuju kesuksesan berbisnis online.
  • Siapkan reminder/pengingat. Anda perlu bicarakan bisnis anda kepada teman-teman terdekat anda. Apabila anda sedang loyo, mereka bisa membantu menguatkan, terutama kepada yang teman terdekat, seperti istri ,orang tua atau sahabat. Anda juga boleh menuliskannya di kamar, ruang kerja anda, atau di laptop agar anda selalu mengingat.
  • Akan ada banyak tawaran. Di dalam bisnis online, anda akan banyak mendapatkan tawaran bisnis online yang lain. Barangkali akan timbul kebimbangan. Namun anda perlu meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda sudah tentukan pilihan. Tutup mata, dan fokus pada pilihan anda.

Bisnis online itu sebenarnya tidak mudah, karena butuh kerja keras. Jika bisa berkonsentrasi hingga beberapa bulan, anda mungkin sudah bisa meraih hasil. Maka kuatkan tekad, karena sukses butuh kerja keras yang benar-benar serius. sehihingga fokus dikatakan sebagai fondasi utama membangun bisnis online.