Just another LandingpageID site

Pentingnya Mindset Bisnis Online

Seringkali ditemukan orang yang malas membahas tentang mindset. Hal itu dianggap sebagai orang sebagai hal yang mombosankan. Padahal sebenarnya, sebelum memulai sesuatu yang besar, harusnya mindset kita terhadap hal yang ingin dilakukan, diatur dengan benar. Ibarat sebuah alat, sebelum ia dipakai tentu penggunanya harus melakukan pengaturan pada alat tersebut. Termasuk dalam berbisnis online. Perlu kiranya memahami pentingnya mindset bisnis online.

Pentingnya mindset bisnis online
Pentingnya mindset bisnis online

Bagi seorang pelaku bisnis online juga perlu memahami pentingnya mindset. Meski diawal, barangkali akan timbul rasa bosan untuk membahas hal-hal yang bersifat teori ini. Rasa bosan itu, semestinya dilawan. Salah satu alasan utama pentingnya mindset bisnis online adalah karena pengaruhnya sangat besar. Efeknya bahkan berdampak jangka panjang. Kesuksesan berbisnis online juga dipengaruhi oleh mindset. Jika mindset benar, maka peluang untuk menggapai kesuksesan mudah untuk diraih. Sebaliknya, jika mindset sudah salah, kesuksesan berbisnis online akan sulit diraih, bahkan bisa mengalami kegagalan.

Sebagai contoh, saat ini tengah booming beriklan dengan Facebook Add. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah belajar mindsetnya, bukan teknik atau caranya. Seseorang yang langsung mempraktikkan cara menggunakan FB Adds, hampir bisa dipastikan pada perobaan pertama hingga kedua akan mengalami kegagalan. Kegagalan ini terkadang akan membuat mereka menyerah, akhirnya berhenti disitu.

Padahal mindset beriklan di FB Add menuntut kita untuk mengeluarkan modal yang cukup besar ketika diawal. Dengan modal yang dikeluarkan, kita akan mengetahui pasar, artinya kita tahu kalangan mana yang tertarik dengan produk yang kita iklankan. Ibaratnya diawal kita membli data. Memang secara finansial barangkali kita kita akan dirugikan. Namun dengan data tersebut, kita bisa lebih tepat menentukan pasar, sehingga iklan yang kita pasang banyak peminatnya.

Contoh lainnya, misal seseorang yang membuka usaha kuliner. Masakannya tersebut banyak disukai oleh banyak orang. Pada suatu waktu, pesanan mulai berdatangan, dan pemilik usaha mulai kewalahan karena setiap masakan dikerjakan sendiri. Karena begitu membanjirnya pesanan, ia terlalu memporsir tenaganya sehingga ia jatuh sakit. Akhirnya usahanya berhenti. Hal ini bisa dicegah dengan membangun sebuah tim. Dari awal mindset si pengusaha sudah keliru, menganggp dirinya mampu mengerjakan sendiri. Kehadiran tim dalam usaha bisnsi online juga sangat penting. Bahkan menajdi syarat utama menjalankan bisnis online. Selain membangun tum perlu ditetapkan Standar Operation Proses (SOP) dalam mengerjakan pekerjaan. Tanpa kerjasama, rasanya kesuksesan akan begitu terasa lama.

Satu contoh lagi, terkait penggunaan website. Banyak orang menyangka bahwa ketika memiliki website, maka orang-orang akan dengan mudah datang mengunjungi websitenya. Sehingga ia mengira banyaknya pengunjung yang datang, ia akan memperoleh untung yang besar. Padahal, website itu harus dimaksimalkan terlebih dahulu agar pengunjungnya berdatangan. Ibarat tanaman, maka website juga perlu dirawat dengan kesabaran. Sehingga pada suatu waktu, masa panen akan tiba.

Tiga contoh kasus diatas adalah alasan yang mengharuskan kita memahami mindset bisnis online. Mindset ini perlu kita pahami sebelum terjun mempraktekkan secara langsung bisnis online. Dengan persiapan ini, seseorang yang ingin menekuni bisnis online akan lebih siap dalam mengantisipasi kemungkinan yang ada. Demikianlah paparan mengenai pentingnya mindset bisnis online